Materi 7 :
· perencanaan
meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik
untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional
· pengorganisasian
meliputi perancangan struktur organisasi dan penciptaan kondisi dan sistem
diamana setipa orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan
sasarn oraganisasi
· pengendalian
melibatkan penetapan standar yang jelas untuk menentukan apakah sebuah
organisasi mengalami kemajuan terhadap tujuan dan sasarannya , memberi ganjaran
kepada orang-orang untuk melakukan pekrjaan yang baik dan mengambil
tindakan korektif jika tidak .
· sebuah
pernyataan misi yang berarti harus menyinggung :
- konsep
diri organisasi
- filosofi
dan tujuan perusahaan
- daya
tahan jangka panjang
- kebutuhan
pelanggan
- tanggung
jawab sosial
- sifat
dari produk atau jasa perusahaan
· perencanaan
strategis menentukan tujuan utama organisasi.
· Perencanaan
taktis adalah proses mengembangkan pernyataan terperinci jangka pendek mengenai
apa yang harus dilakukan ,siapa yang melakukannya , dan bagaimana cara
memperlakukannya .
· Perencanaan
operasional adalah proses menetapkan standar dan jadwal kerja yang diperlakukan
untuk menerapkan sasaran taktis perusahaan
· Perencanaan
kontingensi adalah proses menyiapkan rencana tindakan alternatif yang dapat
digunakan jika rencana utama tidak mencapai sasaran organisasi
· Pengambilan
keputusan adalah memilih diantara dua alternatif atau lebih .
· Tujuh
M dari pengambilan keputusan
- Mendefinisikan
situasi
- Mendeskripsikan
dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan
- Mengembangkan
alternatif
- Mengembangkan
persetujuan diantara yang terlibat
- Memutuskan
alternatif mana yang terbaik
- Melakuakan
apa yang di indikasikan
- Menentukan
apakah keputusan tersebut adalah keputusan yang baik dan melanjutkannya
· Pemecah
masalah adalah proses pemecahan masalah yang terjadi sehari-hari
· Brainstorming
yaitu memikirkan sebanyak mungkin pemecahan dalam periode waktu singkat dengan
tanpa penyensoran ide
· Manajemen
puncak terdiri atas president dan eksekutif prusahaan penting lainnya yang
mengembangkan rencana strategis
· Manajemen
menengah meliputi general manager , manager divisi , dan manager cabang dan
pabrik
· Manajemen
penyelia meliputi mereka yang secara langsung bertanggung jawab untuk mengawasi
pekerja dan mengevaluasi kinerja harian mereka
· Tiga
kategori keterampilan :
- Keterampilan
teknis
- Keterampilan
hubungan manusia
- Keterampilan
konseptual
· Pengedalian
terdiri atas lima langkah :
- Menetapkan
standar kinerja yang jelas
- Memantau
dan merekam kinerja actual
- Membandingkan
hasil tehadap rencana dan standar
- Mengkomunikasikan
hasil dan penyimpangan kepada karyawan yang terlibat
- Mengambil
tindakan korektif ketika dibutuhkan dan memberikan umpan balik positif untuk
kerja yang dilaksanakan dengan baik
· Pelanggan
internal adalah individu dan unit dalam perusahaan yang menerima layanan dari
individu atau unti lain
· Pelangan
eksternal adalah diler yang membeli produk untuk dijual kepada orang lain dan
pelanggan akhir(atau pengguna akhir)yang member produk untuk digunakan secara
pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar