Minggu, 04 November 2012

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN


Materi 7 :
·         perencanaan meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional
·         pengorganisasian meliputi perancangan struktur organisasi dan penciptaan kondisi dan sistem diamana setipa orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan sasarn oraganisasi
·         pengendalian melibatkan penetapan standar yang jelas untuk menentukan apakah sebuah organisasi mengalami kemajuan terhadap tujuan dan sasarannya , memberi ganjaran kepada orang-orang untuk melakukan pekrjaan yang baik dan  mengambil tindakan korektif jika tidak .
·         sebuah pernyataan misi yang berarti harus menyinggung :
-          konsep diri organisasi
-          filosofi dan tujuan perusahaan
-          daya tahan jangka panjang
-          kebutuhan pelanggan
-          tanggung jawab sosial
-          sifat dari produk atau jasa perusahaan
·         perencanaan strategis menentukan tujuan utama organisasi.
·         Perencanaan taktis adalah proses mengembangkan pernyataan terperinci jangka pendek mengenai apa yang harus dilakukan ,siapa yang melakukannya , dan bagaimana cara memperlakukannya .
·         Perencanaan operasional adalah proses menetapkan standar dan jadwal kerja yang diperlakukan untuk menerapkan sasaran taktis perusahaan
·         Perencanaan kontingensi adalah proses menyiapkan rencana tindakan alternatif yang dapat digunakan jika rencana utama tidak mencapai sasaran organisasi
·         Pengambilan keputusan adalah memilih diantara dua alternatif atau lebih .
·         Tujuh M dari pengambilan keputusan
-          Mendefinisikan situasi
-          Mendeskripsikan dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan
-          Mengembangkan alternatif
-          Mengembangkan persetujuan diantara yang terlibat
-          Memutuskan alternatif mana yang terbaik
-          Melakuakan apa yang di indikasikan
-          Menentukan apakah keputusan tersebut adalah keputusan yang baik dan melanjutkannya
·         Pemecah masalah adalah proses pemecahan masalah yang terjadi sehari-hari
·         Brainstorming yaitu memikirkan sebanyak mungkin pemecahan dalam periode waktu singkat dengan tanpa penyensoran ide
·         Manajemen puncak terdiri atas president dan eksekutif prusahaan penting lainnya yang mengembangkan rencana strategis
·         Manajemen menengah meliputi general manager , manager divisi , dan manager cabang dan pabrik
·         Manajemen penyelia meliputi mereka yang secara langsung bertanggung jawab untuk mengawasi pekerja dan mengevaluasi kinerja harian mereka
·         Tiga kategori keterampilan :
-          Keterampilan teknis
-          Keterampilan hubungan manusia
-          Keterampilan konseptual
·         Pengedalian terdiri atas lima langkah :
-          Menetapkan standar kinerja yang jelas
-          Memantau dan merekam kinerja actual
-          Membandingkan hasil tehadap rencana dan standar
-          Mengkomunikasikan hasil dan penyimpangan kepada karyawan yang terlibat
-          Mengambil tindakan korektif ketika dibutuhkan dan memberikan umpan balik positif untuk kerja yang dilaksanakan dengan baik
·         Pelanggan internal adalah individu dan unit dalam perusahaan yang menerima layanan dari individu atau unti lain
·         Pelangan eksternal adalah diler yang membeli produk untuk dijual kepada orang lain dan pelanggan akhir(atau pengguna akhir)yang member produk untuk digunakan secara pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar