Minggu, 04 November 2012

PERSAINGAN DALAM PASAR BEBAS


Materi  3


  • Pasar global yang dinamis
Memperkenalkan anda dengan potensi bisnis global, termasuk tantangan-tantangannya. Dalam bisnis global hampir pasti akan tumbuh seiring jumlah bisnis yang bersaing dalam pasar global yang meningkat. Mengimpor adalah membeli produk dari negara lain. Sedangkan mengekspor adalah menjual produk ke negara lain.
  • Mengapa harus berdagang dengan negara lain
Perdagangan bebas adalah perpindahan barang dan jasa diantaa negara-negara tanpa rintangan politik atau ekonomi.
  • Teori keunggulan komparatif dan absolut
Teori keunggulan komparatif adalah teori yang menyatakan bahwa sebuah negara harus menjual produk yang dapat diproduksinya secara paling efektif dan efisien kepada negara lain, dan membeli dari negara lain produk yang tidak dapat diproduksinya dengan efektivitas dan efisiensi yang sama. Sedangkan keunggulan absolut keunggulan yang timbul ketika sebuah negara mempunyai monopoli dalam produksi suatu produk tertentu atau mempu memproduksinya secara lebih efisien dibandingka semua negara lain.
  • Terlibat dalam perdagangan bebas
Untuk memulai menjadi global acap kali merupakan masalah observasi, determinasi, dan resiko. Wirausahawan berpikir kedepan ini mendapatkan pengembalian yang besar atas idenya dan penduduk di negara itu mendapatkan produk yang dibutuhkan.
  • Mengukur perdagangan global
Dalam mengukur perdagangan global, negara mengikuti dua indikator kunci: neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Neraca perdagangan adalah total nilai ekspor sebuah negara dibandingkan dengan impornya yang diukur selama periode waktu tertentu. Sedangkan, neraca pembayaran adalah perbedaan antara uang yang masuk kedalam negara dan uang yang keluar dai negara tersebut.
  • Strategi untuk menjangkau pasar global
Bisnis dapat menggunakan strategi-strategi berbeda untuk bersaing dalam pasar global. Strategi kuncinya, meliputi pemberian lisensi, mengekspor, waralaba, melakukan manufaktur kontrak, membentuk vetura bersama, dan alisiansi strategis internasional, menciptakan cabang asing, dan terlibat dalam investasi asing langsung.
  • Kekuatan ekonomi dan finansial
Nilai tukar adalah nilai mata uang suatu negara secara relatif terhadap mata uang negara lain. Devaliasi adalah tindakan menurunkan nilai mata uang suatu negara secara relatif tehadap mata uang lain. Tukar dagang bentuk kompleks dari barter yang melibatkan beberapa negara didalamnya, masing-masing mempertukarkan barang untuk barang dan jasa untuk jasa. Perdagangan produk untuk produk membantu bisnis menghindari sejumlah masalah finansial dan rintangan mata uang yang terdapat dalam pasar global.
  • Kekuatan hukum dan regulasi
Dalam ekonomi dimanapun, tingkah laku dan arah bisnis terkait kuat pada lingkungan hukum dan regulasi. Penting untuk mengingat bahwa untuk berhasil dalam pasar global acap sekali berguna untuk menghubungi pelaku bisnis lokal dinegara tuan rumah dan mendapatkan kerjasama dan dukungan dari mereka.
  • Kekuatan fisik dan lingkungan
Kekuatan fisik dan lingkungan tertentu juga dapat bedampak pada kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis dalam pasar global.
  • Proteksionisme perdagangan
Proteksionisme perdagangan merupakan penggunaan regulasi pemerintah untuk membatasi impor barang dan jasa. Kuota impor adalah pembatasan jumlah produk dalam kategori tertentu yang dapat diimpor sebuah negara. Embargo pelarangan sepenuhnya pada impor atau ekspor produk tertentu atau penghentian semua perdagangan dengan negara tertentu.
  • World trade organization (WTO)
Organisasi internasional yang menggantikan general agreement on tariffs and trade yang bertanggung jawab untuk menengahi perselisian dagang antarnegara.
  • Pasar bersama
Pasar bersama adalah kelompok regional negara-negara yang mempunyai tarif eksternal sama, tanpa tarif internal, dan koordinasi hukum untuk memfasilitasi pertukaran antarnegara anggota.
  • Globalisasi dan masa depan anda
Bisnis berukuran kecil dan menengah acap kali lebih siap terjun kedalam pasar global dan bereaksi secara cepat terhadap kesempatan-kesempatan yang ada dibandingkan perusahaan besar yang dibebani dengan birokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar