Minggu, 09 Desember 2012

MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENAWARAN PRODUK TOTAL


BAB 14

·        Nilai adalah kualitas bagus pada harga yang wajar. Saat konsumen menghitung nilai dari satu produk, mereka melihat manfaat-manfaatnya dan lalu menguranginya dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.
MENGEMBANGKAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
·        Penawaran produk total adalah segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang disebut juga paket nilai (value package).
LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK
·        Lini produk adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau ditunjukkan untuk pasar yang serupa.
·        Bauran produk adalah kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan manufaktur.
DIFERENSIASI PRODUK
Merupakan penciptaan perbedaan-perbedaan produk, baik nyata maupun yang dipersepsikan.
Kemasan mengubah produk
Kemasan dapat membantu sebuah produk lebih menarik bagi peritel  , kemasan mengubah produk dengan mengubah tampak luar,kegunaan,atau daya tariknya .

Semakin pentingnya kemasan
Kemasan harus melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut :
1.melindungi produk di dalamnya
2.menarik perhatian pembeli
3.menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai itu
4.menjelaskan manfaat dari produk dalam kemasan
5.menyediakan informasi mengenai jaminan peringatan dan masalah-masalah konsumen lainnya
6.memberi indikasi harga,nilai dan kegunaan

Merek dan ekuitas merek
Merek adalah sebuah nama , simbol , atau desain yang mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa pesaing .
Merek dagang adalah sebuah merek yang telah diberi perlindungan hukum eksklusif , baik untuk nama mereknya maupun untuk rancangan gambarnya .

Kategori merek
Beberapa kategori merek yang anda kenal . nama merek produsen , merek diler atau label privat , barang generik merek palsu


Menciptakan ekuitas dan kesetiaan merek
Terdiri atas Ekuitas merek , Kesetiaan merek , Kesadaran merek , Asosiasi merek

Manajemen merek
Manajemen merek memiliki tanggung jawab langsung atas satu merek atau satu lini produk . tanggung jawab ini termasuk seluruh unsur bauran pemasaran : produk , harga , tempat , dan promosi .

Proses pengembangan produk baru
Terdiri atas beberapa tahapan yakni :
1.pengumpulan ide
2.seleksi produk
3.analisis produk
4.pengembangan
5.pengujian
6.komersialisasi

Tujuan penentuan harga
1.mencapai sasaran pengembalian atas investasi atau laba tertentu
2.membangun arus lalu lintas produk
3.mendapatkan pangsa pasar lebih besar
4.menciptakan suatu citra
5.mencapai tujuan-tujuan sosial .

Strategi harga lainnya
Strategi harga skimming , strategi penetrasi , harga rendah setiap hari , strategi harga tinggi rendah .


1 komentar: