BAB 14
·
Nilai
adalah kualitas bagus pada harga yang wajar. Saat konsumen menghitung nilai
dari satu produk, mereka melihat manfaat-manfaatnya dan lalu menguranginya
dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.
MENGEMBANGKAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
·
Penawaran
produk total adalah segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah
ia akan membeli suatu barang disebut juga paket nilai (value package).
LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK
·
Lini
produk adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau ditunjukkan untuk
pasar yang serupa.
·
Bauran
produk adalah kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah
perusahaan manufaktur.
DIFERENSIASI PRODUK
Merupakan penciptaan perbedaan-perbedaan
produk, baik nyata maupun yang dipersepsikan.
Kemasan
mengubah produk
Kemasan
dapat membantu sebuah produk lebih menarik bagi peritel , kemasan mengubah produk dengan mengubah
tampak luar,kegunaan,atau daya tariknya .
Semakin
pentingnya kemasan
Kemasan
harus melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut :
1.melindungi
produk di dalamnya
2.menarik
perhatian pembeli
3.menjelaskan
isinya dan memberi informasi mengenai itu
4.menjelaskan
manfaat dari produk dalam kemasan
5.menyediakan
informasi mengenai jaminan peringatan dan masalah-masalah konsumen lainnya
6.memberi
indikasi harga,nilai dan kegunaan
Merek
dan ekuitas merek
Merek
adalah sebuah nama , simbol , atau desain yang mengidentifikasi barang atau
jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang dan
jasa pesaing .
Merek
dagang adalah sebuah merek yang telah diberi perlindungan hukum eksklusif ,
baik untuk nama mereknya maupun untuk rancangan gambarnya .
Kategori
merek
Beberapa
kategori merek yang anda kenal . nama merek produsen , merek diler atau label
privat , barang generik merek palsu
Menciptakan
ekuitas dan kesetiaan merek
Terdiri
atas Ekuitas merek , Kesetiaan merek , Kesadaran merek , Asosiasi merek
Manajemen
merek
Manajemen
merek memiliki tanggung jawab langsung atas satu merek atau satu lini produk .
tanggung jawab ini termasuk seluruh unsur bauran pemasaran : produk , harga ,
tempat , dan promosi .
Proses
pengembangan produk baru
Terdiri
atas beberapa tahapan yakni :
1.pengumpulan
ide
2.seleksi
produk
3.analisis
produk
4.pengembangan
5.pengujian
6.komersialisasi
Tujuan
penentuan harga
1.mencapai
sasaran pengembalian atas investasi atau laba tertentu
2.membangun
arus lalu lintas produk
3.mendapatkan
pangsa pasar lebih besar
4.menciptakan
suatu citra
5.mencapai
tujuan-tujuan sosial .
Strategi
harga lainnya
Strategi
harga skimming , strategi penetrasi , harga rendah setiap hari , strategi harga
tinggi rendah .
Produk Total adalah?
BalasHapus