Minggu, 09 Desember 2012

PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN

 BAB 13

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
EVOLUSI BIDANG PEMASARAN
Ada empat era, yaitu :
1.     Produksi
2.     Penjualan
3.     Konsep pemasaran
4.     Hubungan pelanggan
BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran yaitu :
1.     Produk
2.     Harga
3.     Tempat
4.     Promosi
PROSES PENELITIAN PEMASARAN
Proses penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidaknya empat langkah :
·        Mengidentifikasi pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
·        Mengumpulkan data.
·        Menganalisis data penelitian.

Menyegmentasi pasar konsumen
Segmentasi pasar di bedakan menjadi lima :
1.segmentasi geografis
2.segmentasi demografis
3.segmentasi psikografis
4.segmentasi manfaat
5.segmentasi volume atau penggunaan .

Pasar bisnis ke bisnis
·        Jumlah pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit
·        Ukuran pelanggan bisnis relatif besar
·        Pasar B2B cenderung terkonsentrasi secara geografis
·        Pembeli bisnis pada umumnya dianggap lebih rasional
·        Penjualan B2B cenderung bersifat langsung tetapi tidak  selalu
·        Ada jauh lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B dari pada di pasar konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar