Minggu, 09 Desember 2012

MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF


bab 16
Promosi dan bauran promosi
Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran .
Bauran promosi adalah kombinasi dari alat-alat promosi yang di gunakan satu organisasi .
Langkah-langkah dalam kampanye promosi
1.     Mengidentifikasi target pasar
2.     Mendefinisikan tujuan
3.     Menentukan pesan pemersatu
4.     Melaksanakan rencana tersebut
5.     Mengevaluasi efektivitas
Tujuan pemasaran terpadu
·        Membangun ekuitas merek
·        Memberikan informasi
·        Mengelola permintaan dan membangun penjualan
·        Membedakan produk
·        Pengaruh persepsi , sikap , dan perilaku pembeli .\
Pengiklanan
·        Iklan media : koran , televisi , radio , majalah , outdoor , directmail , kuning-halaman,internet
·        Meningkatnya penggunaan infomersial
·        Pindah ke internet
·        Periklanan global
Langkah-langkah dalam proses penjualan
1.     Pospek dan kualifikasi
2.     Preapproach
3.     Pendekatan
4.     Membuat persentasi
5.     Jawaban keberatan
6.     Tutup sale
7.     Follow up

HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
Sebuah hubungan masyarakat yang baik terdiri atas 3 langkah, yaitu :
1)    Mendengarkan masyarakat.
2)    Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur.
3)    Menginformasikan masyarakat bahwa anda merespon kebutuhan mereka.
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktifitas-aktifitas jangka pendek.
STRATEGI-STRATEGI PROMOSI
§  Push strategy adalah produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
§  Pull strategy adalah usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditunjukan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar